Senin, 30 Desember 2019

Liburan Produktif Bersama KarangTaruna Heppii

    Musim liburan sekolah semester ganjil telah tiba dan banyak anak-anak yang kesana kemari tak tentu arah karena kurangnya aktifitas dimusim liburan ini. Karangtaruna dukuh krajan selatan Rt 04 Rw 04 atau yang lebih dikenal dengan Karangtaruna Heppiii hadir dengan progam liburan produktif yaitu dengan melatih ketrampilan bermain rebana. Jadwal latihanpun sudah terbentuk yaitu hari kamis pagi, sabtu pagi dan senin pagi.
    Pada awal terbentuknya karta heppiii ini memang sudah memiliki progam liburan produktif yang bertujuan agar masa liburan anak-anak tidak terbuang dengan bermain-main saja yang memang tidak ada manfaatnya. Sebelum liburan datang, karta heppiii alhamdulillah sudah bisa menyediakan alat-alat rebana untuk digunakan dalam progam liburan produktif ini, meskipun ada beberapa alat yang meminjam dari beberapa group rebana.
    Antusias anak-anak, pemuda-pemudi dan masyarakat sekitar cukup positif. Semua mendukung dengan adanya progam ini. Selain membentuk kesenian dalam diri anak, progam rebana ini juga bisa bermanfaat dalam hal islami yaitu dengan membentuk karakter cinta nabi melalui lantunan dan alunan nada-nada rebana.
    Hal yang sama dikemukakan salam satu masyarakat sekitar yaitu bapak Mat Na’im “cah cilik-cilik diajari rebana karo mauludan mben do gelem sobo neg musholla, seminggu sekali mauludan neg musholla karo pas bulan maulid gen do gelem mauludan 12 hari neg musholla”. Kalau melihat dari ungkapan Mat Na’im tersebut memang benar kenyataannya. Zaman millennial ini jarang sekali kita mendapati anak-anak yang suka atau nyaman dimusholla.
    Rebana juga merupakan tradisi islam dari zaman dulu, yang digunakan untuk mengiringi lantunan-lantunan sholawat. Maka dari itu selain manfaatnya untuk liburan anak agar menjadi produktif juga karta heppiii mengajak anak anak untuk menjaga eksistensi tradisi melalui pelatihan rebana. Alhamdulillah banyak anak-anak yang antusias mengikuti pelatihan rebana ini da nada beberapa anak yang sudah menguasai dasar rebana tersebut. Insyaallah progam ini akan tetap berlanjut setelah musim liburan meskipun jadwalnya akan berubah menjadi seminggu sekali yaitu pada malam minggu.
    Semoga dengan adanya progam-progam positif yang diadakan oleh karta heppiii ini menambah semangat para pemuda-pemudi dalam merangkul semua kalangan untuk menjadikan desa kalisari semakin maju. Lebih lebih membawa perubahan yang sifatnya mempersiapkan bibit-bibit muda untuk desa kalisari khususnya dan untuk agama, bangsa dan negara pada umumnya. Salam pergerakan !!! Salam perubahan !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar